Sabtu, 15 Desember 2012

Menasehati Mempelai Putri Sebelum Disandingkan



Wasiat umamah binti al harits kepada putrinya sebelum disandingkan yang mengandung unsure-unsur pokok kehidupan keluarga yang harmonis.
Sepuluh sikap seorang istri pada suami:

  • 1&2 :
    Tunduk dan patuhlah kepadanya dengan sifat qanaah, selalu mendengar dan taat.

  • 3&4 :
    Memperhatikan apa yang disukai mata dan hidungnya. Janganlah matanya memandang sesuatu yang buruk pada dirim. Dan janganlah hidungnya mencium , kecuali keharuman yang semerbak.

  • 5&6 :
    memperhatikan waktu tidur dan makannya, karena sesungguhnya panasnya lapar menyala, meluap – luap dan terganggu tidur membuatnya cepat emosi.

  • 7&8 :
    Menjaga hartanya dan memperhatikan kehormatan dan tanggungan keluarganya. Cara penanganan dalam harta, baik – baiklah dalam mempertimbangkan. Dan di dalam tanggungan, baik – baiklah di dalam pengaturan.

  • 9&10 :
    Janganlah engkau membantahnya dan janganlah engkau menebarkan rahasianya, karena sesungguhnya bila engkau membantah perintahnya tentu membuat dongkol dadanya. Dan bila egkau membeberkan rahasianya maka sesungguhnya engkau tidak bisa menjamin pengkhianatannya. Kemudian janganlah sekali – kali engkau berbahagia disaat dia bingung murung dan janganlah sekali – kali engkau cemberut , murung disaat dia berbahagia.

http://www.penasaran.net/?ref=acpfq4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar