Sabtu, 08 Desember 2012

....Akhlakul Karimah....

Ummu Kaltsum r.a berkata,"Sesungguhnya Rasulullah Saw tidak memperbolehkan dusta, kecuali dalam tiga hal: 1). Berdusta untuk mendamaikan dua orang yang sedang bersengketa, 2). Berdusta pada waktu perang, 3). Dusta suami kepada istri(Demi kebaikan)."

Rasulullah Saw bersabda,"Allah Swt.berfirman, 'Sesungguhnya aku akan menerima Sholat orang - orang :
  • yang merendahkan dirinya karena kebesaranKu, 
  • menahan dirinya dari hawa nafsu karena Aku, 
  • yang mengisi sebagian waktu siangnya untuk berzikir kepadaKu, 
  • yang tidak sombong terhadap makhlukKu, 
  • yang memberi makan kepada orang - orang yang lapar, 
  • yang memberi pakaian pada orang yang telanjang, 
  • yang menyayangi pada orang yang terkena musibah,
  • yang memberi perlindungan pada orang yang terasing.
Kelak cahaya orang itu akan bersinar seperti cahaya matahari.Aku akan berikan cahaya ketika dia kegelapan.Aku akan berikan ilmu ketika dia tidak tahu.Aku akan lindungi dia dengan kebesaranKu.Aku akan memerintahkan malaikat menjaganya.Kalau dia berdoa kepadaKu, Aku akan mengabulkannya.Kalau ia meminta kepadaKu, akan segera Aku penuhi permintaannya..." (Kalimatullah Al Ulya,hal 26)


"Kamu tidak akan pernah mampu mencukupkan orang lain dengan hartamu, kareana itu, cukupkanlah mereka dengan wajah yang berseri dan dengan akhlak yang baik."
(HR.Abu Ya'la, Al-Hakim,dll)

"5 Perkara yang harus ada pada diri agar menjadi orang yang sholeh dan suci, yang menjadi kekasih Allah dan dijauhi setan yaitu saat Al-Hakim bertanya pada ayahnya, kemudian ayahnya menjawab:"
1. Agama
2. Keyakinan
3. Rasa Malu
4. Akhlak yang Baik
5. Kemurahan Hati

"Bersikap pemaaf, menganjurkan kebaikan dan berpaling dari orang - orang yang bodoh."
(Al-A'raf:199)
Sabda Rasulullah:
"Itu berarti kamu harus menjalin hubungan baik dengan orang - orang yang memusuhimu, bersikap dermawan terhadap orang yang kikir kepadamu, dan memaafkan orang - orang yang zalim atas dirimu."
(HR.Abu Abi Ad-Dunya)


http://www.penasaran.net/ref=acpfq4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar