Jumat, 09 November 2012

Menjauhi Maksiat

Ketahuilah jika kita melakukan maksiat, maka sebenarnya yang menjadi sasaran adalah anggota badan kita sendiri. padahal anggota badan itu merupakan suatu nikmat dari Allah sekaligus menjadi amanat yang harus dipertanggung jawabkan. Seluruh anggota badan kelak di hari kiamat akan memberi kesaksian atas diri, dan semuanya akan mengungkapkan segala amal perbuatan dan keterangan yang terang dan jelas. Allah berfirman : " Pada hari (ketika) lisan, tangan dan kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan." (An-nur : 24)

A. MATA
Gunakan untuk melihat menuju jalan yang benar, memenuhi berbagai macam dari kebutuhan, melihat keindahan alam, dll.

B.TELINGA
Guanakn untuk mendengar kalam ilahi, sunah nabi dan ilmu hikmah, agar dengan demikian engkau dapat pengetahuan tinggi hingga kelak memperoleh kebahagian yang abadi.
"Jangan sampai pergunakan untuk mendengar suatu bid'ah,menyesatkan, umpatan,omongan- omongan kotor,ocehan-ocehan yang bathil dan pembicaraan tentang keburukan orang lain."
NB: Yang berdosa bukan hanya orang yang berbicara saja tapi yang ikut mendengarkanpun turut berdosa.

C.LIDAH
Gunakan untuk memperbanyak dzikir kepada Allah dan membaca kitabnya.Mengajak umat untuk berbuat taat kejalan Allah, berdoa dan melahirkan kehendak hatimu tentang kebutuhan agama dan kehidupan.
"Orang yang sengaja mengucapkan kata - kata dengan maksud agar ditertawakan orang maka kelak ia akan terjerumus dan berada di dalam neraka selama tujuh tahun."(Hadits)

D.PERUT
Usahakan agar perut diisi dengan barang yang halal, jangan berlebihan sebab jika sampai kekenyangan, akibatnya akan membuat kita menjadi keras hati, otak menjadi tumpul, melemahkan kecerdasan, seluruh anggota badan menjadi berat untuk melakukan ibadah / mencari ilmu, memperkuat nafsu syahwat dan memperbesar penyakit - penyakit yang disetir setan.

E. FARJI (Kemaluan)
"Dan orang - orang yang memelihara kemaluannya"(QS.Al-Mu'minun:5)
"Katakanlah kepada orang - orang mukmin laki - laki : "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, yang demikian itu adlah lebih suci bagi mereka."".(QS.An-Nur:30)
Di dalam kitab Mashabih, bersabda Nabi Muhammad SAW.:'Ketika berzina seorang hamba,maka keluarlah iman darinya dan berada diatas kepalanya seperti awan .Apabila dia telah keluar dari perbuatan itu kembalilah iman itu kepadanya.
'Di dalam kitab Igna',Rasul bersabda"Tidak ada sebuah dosa yang lebih besar di sisi Allah daripada setetes mani yang diletakkan seorang laki -laki di dalam rahim permpuan yang tidak halal baginya."

"Barang siapa mati mencandu arak, Allah swt.memberinya minum dari sungai Ghauthan.Seorang laki -laki bertanya:Apakah sungai Ghauthan itu?Beliau menjawab:"Sungai yang mengalir disitu dari kemaluan orang -orang yang berzina(pelacur) dan bau kemaluan itu mengganggu penghuni mereka."(Hadits)

E.TANGAN
Jangan gunakan untuk memukul sesama muslim, menerima harta tidak halal, menyakit apapun dari makhluk Allah, mengkhianati amanat dan menulis sesuatu yang tidak boleh diucapkan.
Tulisan = Lidah kedua

F.KAKI
Hendaklah kaki dipelihara dari segala langkah yang salah. Janganlah pakai untuk melangkah kearah yang haram. dalam sebuah hadits diriwayatkan bahwa setiap langkah menuju mesjid (kebaikan) adalah sedekah.
"Dan janganlah kamu cenderung kepada orang - orang yang zhalim hingga menyebabkan kamu disentuh api neraka."(QS.Huud :113)
Rasul bersabda :"Orang yang bijaksana ialah orang yang dapat menguasai diri sendiri (mengekang hawa nafsu) dan berusaha mencari bekal untuk hari kemudian sesudah mati, sedang orang yang bodoh ialah orang yang membuat dirinya menjadi budaknya hawa nafsu dan memperbesar harapan - harapan kosong dari sisi Allah"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar